Makanan Penghilang Stress yang Bikin Badan Tidak Gemuk


Makanan penghilang stres kerap diasosiasikan dengan es krim, cake cokelat, pop corn, keripik kentang atau roti manis. Tidak salah memang, karena makanan tersebut memiliki rasa yang enak dan lezat, yang menimbulkan rasa nyaman serta lebih bahagia.



Tapi makanan itu juga mengandung kalori, gula dan lemak tinggi. Bukan stres dan kesal yang hilang seterusnya, Anda justru bisa bertambah panik karena mendapati tubuh yang semakin gemuk dan berat badan bertambah. Padahal, makanan penghilang stres tidak harus yang tinggi gula dan kalori. Ada makanan yang lebih sehat dan efektif menghilangkan mood negatif Anda. Apa saja itu?



1. Dark Chocolate

Kaya akan antioksidan, tak hanya baik untuk kesehatan tapi juga mengusir rasa cemas berlebihan. Dikutip dari Times of India, rahasianya ada pada theobromine dan phenylethyamine, zat yang bisa meningkatkan mood. Tapi bukan berarti Anda boleh bebas mengonsumsi cokelat sebanyak-banyaknya saat sedih atau depresi. Makanlah secukupnya dan pastikan yang Anda makan adalah dark chocolate minimal 50 persen yang sedikit kandungan gula. Anda bisa melelehkan dark chocolate sendiri (panaskan cokelat dalam mangkuk yang diletakkan di atas wajan berisi air), lalu celupkan stroberi atau buah yang lainnya. Stroberi akan membantu mestabilkan kadar gula darah dan mengurangi kecemasan.



2. Seafood

Beberapa jenis makanan laut seperti salmon, tuna dan udang mengandung asam lemak omega 3 yang tidak hanya baik untuk menjaga kesehatan jantung tapi juga membantu mengatasi masalah emosional seperti stres dan depresi. Udang atau lobster misalnya, merupakan sumber Vitamin B, zinc dan magnesium untuk membuat mood jadi lebih baik. Namun makanan ini juga tinggi kolesterol, jadi batasi konsumsinya. Makanlah dengan cara direbus, asap atau panggang agar nutrisinya tidak hilang terlalu banyak.



3. Buah-buahan

Pilih buah yang kaya akan vitamin B dan asam folat yang bisa menstimulasi asam amino untuk memproduksi serotonin yang secara langsung dapat mengubah suasana hati menjadi senang. Selain itu juga membantu mengontrol rasa marah, stres, cemas, frustasi dan mengatasi kelelahan. Dapatkan manfaat maksimal untuk suasana hati Anda dengan konsumsi buah seperti alpukat, pisang, kurma, jambu biji, leci, mangga, dan markisa.



4. Kacang

Beberapa jenis kacang seperti almond, walnut (kenari) dan hazelnut mengandung asam lemak omega yang mampu menghilangkan mood negatif seperti rasa cemas dan marah. Cukup konsumsi satu cangkit kacang saat stres atau kesal, dan mood Anda bisa jadi lebih baik.


5. Biji-bijian & Sereal

Kacang merah, kacang polong, kacang hijau, kedelai, sereal dan beras merah juga tingkatkan mood dan energi. Biji-bijian membantu memperlambat penyerapan karbohidrat sehingga mengurangi keinginan Anda untuk makan makanan tidak sehat yang bisa menaikkan gula darah. Semangkuk sup kacang merah, bubur kacang hijau atau sereal dengan susu rendah lemak, cukup untuk meredakan rasa kesal dan amarah Anda dengan seketika.



Sumber