72 Tahun Berpisah Dipertemukan Kembali Melalui Facebook



Sosial media Facebook sudah sering kali berhasil mempertemukan orang yang hilang. Kali ini giliran dua orang saudara yang sudah terpisah selamam 72 tahun bisa bertemu berkat Facebook. Dua orang saudara asal Bosnia ini terpisah akibat perang.






Dua orang kakak beradik asal Bosnia yang terpisah hampir 72 tahun akhirnya dipersatukan kembali melalui laman pertemanan Facebook. Tanija Delic, 88, dan Hedija Talic, 82, tidak pernah bertemu lagi sejak 1941, padahal mereka hanya terpisah 200 kilometer saja jauhnya.



Mereka berdua berpisah pada saat berusia belasan tahun. Kala itu Hedija Talic yang berusia 11 tahun tercecer dari rombongan keluarganya saat melarikan diri menghindari perang dunia II ke barat daya Bosnia. Sayang dalam peristiwa itu, kedua orang tuanya tewas.



Talic akhirnya tinggal bersama anak korban perang lainnya di panti asuhan. Sedangkan Tanija Delic, kakaknya bermigrasi ke Amerika Serikat. “Saya sudah hilang harapan untuk bertemu keluarga saya lagi,” katanya pada media lokal Nezavisne Novin, Senin 7 Januari 2012.



Waktu kemudian berjalan. Talic beranjak dewasa dan membina rumah tangga beserta keluarga barunya di Tuzla, timur laut Bosnia. Sedangkan kakaknya yang kembali di Bosnia tinggal di Barat Laut Bosnia.



Suatu hari anak dari Talic yang gemar internet menemukan sosok wanita yang nyaris mirip ibunya. Ia lantas melaporkan hal itu kepada Talic. Komunikasi lantas terjalin senyampang diterimanya permintaan pertemanan. “Momen ajaib itu muncul saat kami berdua saling berkenalan, saya langsung kenali itu kakak perempuan saya,” kata Talic.



via: kompas.com