'Bunga' Di Temukan ! Apakah Ada Kehidupan Di Mars ?


Wahana antariksa milik Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) kembali menangkap citra unik di Mars. Kali ini, Curiosity menangkap objek yang kemudian disebut bunga di Mars.



Foto tersebut diambil Curiosity saat bergerak di wilayah Mars yang disebut Yellowknife Bay. Jurnalis dan fotografer NBC, Ken Kramer, telah mengedit citra Curiosity itu untuk membuatnya lebih realis.



Apakah objek tersebut memang bunga di Mars? Pastinya tidak. Istilah bunga di Mars muncul saat salah satu pembaca di Above Top Secret memberikan komentar singkat untuk menyebut objek itu. "Martian Flower".



Dalam komentar itu, seseorang dengan nama Arken mengatakan, "Albedo (refleksitifas objek akan cahaya Matahari) objek ini sangat tinggi, objek ini transparan, tak beraturan, tekstur area yang lebih luas halus dan tampaknya berada di tanah. Ini adalah anomali benda transparan kedua yang dideteksi di Kawah Gale (tempat Curiosity mendarat)."



Objek ini semula diduga debris dari Curiosity. Pasalnya, pada bulan Oktober lalu, Curiosity juga semoat menangkap objek transparan. Setekah diselidiki, ternyata benda transparan itu adalah sampah Curiosity sendiri.



Namun, Guy Webster, juru bicara NASA mengatakan bahwa benda itu bukan plastik sampah Curiosity. Objek itu tampaknya adalah bagian dari batu Mars, bukan debris wahana antariksa," katanya



Kalau benda itu ternyata asli berasal dari Mars, mungkinkah sifat transparannya menunjukkan adanya kondisi yang mendukung adanya makhluk hidup di Mars? Mungkinkah objek itu adalah material organik?

Sumber