Kecanduan Junkfood ? Ini Dia Cara Mengatasinya


Seseorang tidak akan menyadari bahwa dirinya telah ketagihan makanan cepat saji (junkfood) karena biasanya dimulai dari porsi kecil tetapi sering. Segera atasi ketagihan junkfood agar Anda terhindar dari berbagai risiko penyakit yang berbahaya.



Ketagihan makan junkfood mungkin berawal dari hal kecil seperti makan sayuran setelah menghabiskan seporsi keripik kentang. Ketika Anda merasa rasa keripik kentang lebih baik dari sayuran dan timbul kecemasan untuk mengonsumsinya kembali, Anda mungkin telah kecanduan junkfood.



Penelitian terbaru bahkan menunjukkan bahwa junkfood dapat menimbulkan efek kecanduan yang sebanding dengan kokain. Hal ini terjadi karena konsumsi junkfood dapat meningkatkan suasana hati, sehingga sistem saraf akan kembali menginginkan makanan tersebut untuk merasa nyaman.



Kecanduan terhadap makanan bukanlah hal baru di dunia kesehatan karena beberapa makanan, seperti junkfood, makanan berlemak dan makanan manis dapat membuat lingkaran setan ketergantungan. Yang menjadi masalah adalah tubuh tidak mampu memetabolisme junkfood dengan baik.



Tubuh menyerap bahan-bahan makanan yang terkandung dalam junkfood jauh lebih cepat daripada makanan lain yang lebih sehat. Akibatnya, terjadi lonjakan tingkat glukosa dalam darah yang akan kembali menurun dengan cepat.



Naik turunnya kadar gula dalam darah dalam waktu singkat tersebut sama dengan apa yang terjadi pada orang yang menyalahgunakan alkohol atau obat-obatan. Hal ini dapat menghasilkan keinginan untuk mengonsumsinya kembali dengan jumlah yang lebih banyak.



Kecanduan junkfood tentunya dapat meningkatkan berbagai risiko penyakit seperti obesitas, diabetes, penyakit jantung dan stroke. Anda harus segera mengambil tindakan untuk menghentikan siklus kecanduan tersebut.


Berikut langkah yang dapat Anda ambil untuk mencegah kecanduan junkfood


1. Jangan memulainya

Setelah Anda mengetahui dampak buruk mengonsumsi junkfood bagi kesehatan, jangan pernah memulainya. Berpikirlah lebih strategis tentang makanan, misalnya dengan ngemil makanan ringan yang lebih sehat seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan makanan yang mengandung protein, asam lemak omega-3, dan serat.


2. Jangan melewatkan waktu makan

Penelitian menunjukkan bahwa keinginan seseorang untuk meraih junkfood dapat diukur dan dihitung sepanjang hari. Studi menunjukkan bahwa kontrol diri seseorang terhadap makanan yang tidak sehat sangat kuat di awal hari dan melemah di akhir hari.



Oleh karena itu, jangan melewatkan waktu makan Anda agar perut tidak terlalu lapar dan menginginkan makanan cepat saji yang lebih mudah didapat dengan rasa yang enak. Makanlah makanan sehat ketika sarapan untuk mencegah mengidam junkfood sepanjang hari hingga malam hari.


3. Mengonsumsi suplemen alami

Cara lain untuk melindungi diri terhadap kecanduan junkfood adalah dengan memanfaatkan formula alami untuk membantu mengurangi rasa lapar dan mendukung kadar gula darah yang sehat.



Suplemen yang mengandung khasiat ginseng, jamur, alginat, kromium, asam alpha lipoic, atau bahan-bahan alami lainnya, terbukti mampu membantu menyeimbangkan glukosa, mengurangi peradangan, dan mengendalikan ketagihan.


4. Tetap terhidrasi

Penting bagi tubuh untuk emndapatkan asupan air sepanjang hari, karena dehidrasi dapat menyebabkan seseorang lebih mengidam makanan dan meningkatkan lonjakan kadar gula darah secara dramatis.

Sumber

Kecanduan Junkfood ? Ini Dia Cara Mengatasinya

Share:

Berikan Komentar :D

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Advertisment

Like Us

© Bos Copas All rights reserved Asalasah
© Bos Copas All rights reserved Asalasah