Wow, Fenomena Pembentukan 'Bunga Es' yang Menakjubkan



Foto-foto bunga putih menawan ini adalah bukanlah bunga yang berasal dari tanaman, melainkan salah satu fenomena alam terbentuknya es yang menyerupai bunga. Frost flower atau bunga es tercipta pada musim gugur atau pada awal-awal musim dingin. Bunga es ini mulai terbentuk ketika udara mulai membeku tetapi tanah belum membeku.



frost flower bunga es



Pembentukan bunga es ini dipicu oleh getah pada tanaman. Beberapa tanaman memiliki semacam getah yang unik, getah ini mulai membesar ketika mengalami pembekuan dan menyebabkan terbentuknya retakan di batang tanaman. Pembuluh kapiler pada tanaman kemudian akan menyerap air dari tanah menuju retakan ini. Air yang mengalir melewati retakan akan membeku.



frost flower bunga es 3



Karena pembuluh kapiler tanaman terus menyerap air, es yang terbentuk di retakan tersebut terdorong keluar tanaman sehingga menyebabkan air yang baru saja diserap ikut membeku. Proses ini terjadi berulang kali dan menghasilkan “bunga es” yang terbentuk pada batang tanaman. Bunga es memiliki beberapa nama julukan lainnya diantaranya: ice castle, frost castle, ice blossoms, dan bahkan nama yang terdengar ilmiah seperti crystallofolia.



frost flower bunga es 2



frost flower bunga es 6



frost flower bunga es 8



frost flower bunga es 9



frost flower bunga es 10



frost flower bunga es 13



frost flower bunga es 11



frost flower bunga es 12



frost flower bunga es 7



frost flower bunga es 4



frost flower bunga es 5



via: mobgenic.com


Wow, Fenomena Pembentukan 'Bunga Es' yang Menakjubkan

Share:

Berikan Komentar :D

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Advertisment

Like Us

© Bos Copas All rights reserved Asalasah
© Bos Copas All rights reserved Asalasah