Biaya Tidak Langsung Indirect Cost

Biaya tidak langsung. Kebalikan dari biaya langsung maka biaya jenis ini tidak dapat diasosiasikan (dihubungkan) secara langsung kepada unit yang diproduksi. Dalam gaji manajemen perusahaan seperti gaji direktur, bagian HRD, akunting, dan bagian pendukung lainnya tidak dapat diasosiasikan dengan produk yang dihasilkan.

Dengan demikian, biaya ini menambah biaya produksi namun tidak dapat diidentifikasikan berapa nilainya per unit produk. Gaji kepala pabrik yang terdiri dari berbagai departemen tentu tidak dapat disebut sebagai biaya gaji suatu departemen saja, oleh karena itu disebut biaya tidak langsung (indirect cost). Tetapi gaji kepala pabrik yang hanya terdiri dari satu departemen tentu menjadi biaya langsung (direct cost) karena dapat diasosiasikan dengan departemen yang bersangkutan.




Sedapat mungkin manajemen berusaha mengidentifikasikan biaya yang timbul ke suatu departemen atau bagian dan mendapatkan pengaruhnya terhadap biaya produksi per unit. Dalam usaha meningkatkan efisiensi biaya produksi maka biaya tidak langsung (indirect cost) merupakan biaya yang harus dikontrol ketat karena bila biaya ini dikurangi tidak akan member pengaruh terhadap kualitas atau mutu produk yang dihasilkan.

Sumber: http://fuzudhoz.blogspot.com/2013/04/biaya-tidak-langsung-indirect-cost.html

Biaya Tidak Langsung Indirect Cost

Share:

Berikan Komentar :D

Facebook
Blogger

About Us

Advertisment

Like Us

© Bos Copas All rights reserved Asalasah
© Bos Copas All rights reserved Asalasah