Inilah 14 Fungsi Masing-masing Tombol pada Setir Mobil F1






Formula one, atau yang paling mudah disebut orang2 dengan F1 adalah sebuah kompetisi balap dunia yang didalamnya adalah kumpulan dari semua teknologi pabrikan menyatu dengan segala kecanggihan elektronik.



Untuk bisa menjadi seorang pembalap F1 tidaklah mudah, seperti sama dengan seseorang yang ingin menjadi seorang pilot pesawat tempur, bedanya jet yang dikendarai ini menapak di aspal. selain itu seorang pembalap F1 salah satunya harus memfungsikan segala yang ada di kokpit mobil tersebut yang idak mudah untuk diingat.



Sebagai pengetahuan dasar kita tentang kokpit mobil F1 mari kita mulai dengan fungsi tombol2 yang terdapat pada mobil F1 dibawah ini.



1. Tombol MSG OK

Merupakan tombol multifungsi digunakan untuk menset semua fungsi-fungsi yang terdapat didalam mobil.



2. Tombol Menu scroll buttons

Tombol ini berfungi sebagai tombol untuk memilih menu-menu yang ada didalam mobil.



3. Tombol Differential adjustment

Tombol ini berfungi untuk mengatur traksi dan grip pada ke empat roda, mengatur stabilitas pengereman dan juga mengatur sistim pada mobil pada saat berbelok.



4. Tombol Neutral switch

Tombol ini berfungi untuk mengatur kembali settingan mobil ke posisi normal.



5. Tombol Front wing switch

Tombol untuk mengatur dan menyesuaikan sudut sayap/bumper depan mobil untuk meningkatkan downforce.



6. Tombol Radio LED

Menyala dengan warna biru untuk menginformasikan kepada pengemudi tentang arahan-arahan dari pit.



7. Tombol Pit-to-car radio

Fungsi nya untuk mematikan dan menghidupkan fungsi komunikasi radio



8. Tombol Fuel mix adjustment

Mengatur campuran bahan bakar, baik untuk memelihara atau meningkatkan performa mesin, sesuai dengan yang diperlukan.



9. Tombol Throttle map override

Mengatur katup mesin dan juga menyesuaikan dengan karakteristik yang sesuai dengan kondisi lintasan.



10. Tombol Overtake button

Mengatur dan meningkatkan kecepatan mesin dalam sekejap ke posisi maksimal yaitu 18.000 rpm. Kecepatan ini dibutuhkan pada saat pembalap akan menyalip. (Sejenis Turbo gitu)



11. Tombol Pitlane speed limiter

Mematikkan dan menghidupkan fungsi tombol pengontrol kecepatan pada saat berada di pitlane, seperti yang sobat semua ketahui bahwa didalam pitlane kecepatan mobil harus dikurangi apabila tidak di taati maka akan dikenai hukuman.



12. Tombol Engine breaking level

Tombol ini difungsikan pada saat keadaan lintasan basah, yang bermanfaat untuk meningkatkan stabilitas belakang roda belakang mobil.



13. Tombol Tyre configuration

Tombol yang berfungsi untuk mengoptimalkan pengaturan ban dan juga berfungsi untuk mengaktifkan lampu belakang pada saat keadaan hujan.



14. Tombol Master multifunction switch

Memungkinkan pengemudi untuk mengakses sejumlah pengaturan sistem mesin mobil, kendali sayap depan/belakang, kendali "aero" yang berfungsi yang memantau dan memaksimalkan aliran udara mobil.



Oh ya sebagai tambahan, harga untuk setir jenis ini mencapai Rp. 368 juta.





Sumber: http://fuzudhoz.blogspot.com/2013/05/inilah-14-fungsi-masing-masing-tombol.html

Inilah 14 Fungsi Masing-masing Tombol pada Setir Mobil F1

Share:

Berikan Komentar :D

Facebook
Blogger

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

About Us

Advertisment

Like Us

© Bos Copas All rights reserved Asalasah
© Bos Copas All rights reserved Asalasah